0 Comment

Barcode mungkin merupakan sesuatu yang identik dengan barang saat ini, karena hampir semua produk atau barang memiliki label barcode terlebih jika barang tersebut berasal dari brand atau merk yang cukup terkenal, Source Code Cetak Label Barcode VB.Net mungkin bisa membantu kalian membuat label barcode sendiri dengan memanfaatkan aplikasi visual basic dan peralatan yang cukup sederhana dan tak perlu membeli alat khusus untuk membuat label tersebut. Barcode sendiri memiliki arti yang cukup penting dalam sebuah produk, selain untuk mengidentifikasi barcode juga bisa untuk mengenali harga dari sebuah barang sehingga memudahkan kita ketika ada seseorang yang tertarik dan ingin membeli produk tersebut. Definisi dari Barcode sendiri adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, barcode ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai barcode atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Tetapi juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut sebagai Barcode. Source Code ini menggunakan library Zen Barcode Rendering Framework (http://barcoderender.codeplex.com/) untuk meng-generate barcodenya. Sudah diuji coba menggunakan kertas stiker atau label biasa dengan ukuran 20.5cm x 16.5cm (4 baris x 3 kolom). Jadi kalian tidak perlu printer barcode khusus kalau hanya untuk mencetak label barcode.


Posisi cetak juga bisa kalian atur sendiri, sehingga tidak boros label, karena kalian bisa mencetak di posisi tertentu. Selain itu kalau hasil cetaknya kurang pas, kalian bisa mengatur sendiri posisi batas atas untuk baris dan posisi batas kiri untuk kolomnya. Pokonya Source Code ini bisa dikostumisasi sendiri sesuai dengan keinginan kalian masing-masing.
Artikel ini hanya membahas sebatas contoh source code saja, untuk form dan lainnya kalian bisa buat sendiri dengan gaya dan style kalian sendiri serta beberapa tambahan yang mungkin bisa kalian jadikan sebagai fitur agar lebih lengkap dan sesuai dengan standar, dan aplikasi Cetak Label Barcode ini juga bisa untuk C++ atau CSharp atau untuk .Net Developer yang umumnya sama antara kedua bahasa pemrograman tersebut.
Source Code Cetak Label Barcode saya dapatkan di sebuah group facebook, untuk itu kredit tentu buat pembuatnya yang sudah berbagi tentang source code ini, selebihnya silahkan kalian coba kembangkan sendiri untuk memaksimalkan fitur yang ada didalamnya.

 Downloads Source Code

Post a Comment

 
Top